Pesawat Jatuh di Gunungkidul Milik Erix 'Soekamti', Keluaran 2006


Vokalis band Endank Soekamti, Erix Soekamti, mengalami musibah setelah pesawat latih yang dinaikinya jatuh dari ketinggian 5.000 kaki di Gading, Gunungkidul, sore tadi. Pesawat nahas itu tercatat milik Erix pribadi.

"Pesawatnya microlight tipe sky ranger, milik Erix. Produksi tahun 2006," kata Ketua Jogja Flying Club (JFC), Tjandra Agus Budiman saat jumpa pers di Media Center Lanud Adisutjipto Yogyakarta, Selasa (4/9/2018).

Pesawat itu disebut Tjandra layak terbang. Bahkan sebelum lepas landas pukul 15.00 tadi, lanjut Tjandra, kondisi pesawat telah dicek ulang dan mendapat izin untuk diterbangkan.

"Tapi namanya musibah. Yang paling penting bagi kita semuanya aman, tidak ada korban, bisa selamat, kondisi awak pesawat tidak ada luka meski pesawat mengalami kerusakan," ujarnya.

Tjandra menerangkan Erix merupakan anggota JFC di bawah naungan Federasi Aero Sport Indonesia (FASI). Sedangkan pilotnya hampir 10 tahun bergabung di JFC dan telah mengantongi lisensi instruktur terbang.

"Kalau Erix masih baru, makanya tidak mungkin terbang sendirian, masih dalam pengawalan instruktur yang memiliki lisensi. Alan ini cukup senior di JFC," jelas Tjandra.

Diketahui, pesawat latih yang di-co piloti oleh Erix jatuh dari ketinggian 5.000 kaki karena mesin mati. Laporan dari pilot, mesin mati pukul 16.00 tadi. Pesawat jatuh di kebun dan tersangkut di pohon tak jauh dari runway Lanud Gading. Dalam peristiwa itu pilot dan Erix selamat tanpa mengalami luka.

detik.com


loading...

Berita Terkait

Post a Comment

0 Comments