Langkah-Langkah Membuat Merek Dagang Yang Efektif


Merek dagang merupakan hal yang paling penting dalam penjualan dan pemasaran produk. Maka Anda perlu mempersiapkan nama merek dagang Anda yang menarik dan mudah diingat oleh para pelanggan. Berikut ini langkah-langkah membuat merek dagang yang efektif bagi produk Anda

Pilih Nama Yang Berdaya Pembeda
Untuk memilih merek dagang, hindari menggunakan nama yang hampir mirip dengan nama merek dagang kompetitor Anda yang bergerak di bidang produk yang sama. Hal ini justru merugikan bagi Anda, karena Anda akan dianggap tidak kreatif dan plagiat. Sehingga akan berdampak pada penjualan produk Anda.

Pilih Yang Tidak Membingungkan
Memilih nama yang unik itu perlu, agar membedakan dengan merek lain yang produknya sama. Namun pilihlah nama yang unik serta masih dalam jangkauan pengetahuan masyarakat. Pastikan memberi nama dagang yang mudah dihafalkan dan tidak membingungkan.

Hindari Merek Dagang Yang Tidak Dapat Didaftarkan
Mendaftarkan nama merek dagang Anda juga penting untuk menghindari kejahatan plagiarisme dari kompetitor Anda. Hindarilah nama yang tidak dapat didaftarkan. Pilihlah nama merek dagang yang memenuhi syarat untuk didaftarkan.

Hindari Kata-Kata Yang Bersifat Deskriptif
Penggunaan kata-kata deskriptif seperti deterjen bubuk atau telepon selular lebih cenderung ditolak ketika didaftarkan kepada pihak yang berwenang. Jadi bagi Anda yang ingin memilih nama merek dagang, hindari penggunaan kata-kata yang bersifat deskriptif.

Singkirkan Nama Depan
Pilihlah nama merek dagang dengan tidak mencantumkan nama orang. Misalnya deterjen bubuk nyonya samirah, hal ini dikarenakan banyak orang yang terkadang memiliki nama yang sama dengan merek dagang Anda. Hal ini akan membuat pelanggan Anda menjadi bingung. Jadi  hindarilah nama merek dagang tanpa nama orang.

Hindari Akronim Tiga Huruf Serta Angka
Penggunaan merek dagang dengan akronim dan angka. Penggunaan karakter tersebut membuat konsumen lebih mudah melupakan. Hindari pula mencetak merek dangang dengan warna-warna yang berbeda.

Gunakan Kata-Kata Temuan
Anda bisa gunakan kata-kata yang ditemukan sendiri. Kata-kata tersebut tidak bisa ditemukan di kamus manapun. Namun ingatlah, buat nama yang orisinil namun tetap dapat diingat dengan baik oleh konsumen.

Pertimbangkan Nama Tumbuhan Atau Hewan
Memilih nama hewan atau tumbuhan dapat menjadi pertimbangan Anda membuat merek dagang. Nama ini akan lebih mudah diingat oleh para konsumen Anda.


sumber : www.ayopreneur.com
loading...

Berita Terkait

Post a Comment

0 Comments