Niat Puasa Tarwiyah dan Niat Puasa Arafah Sebelum Hari Raya Idul Adha

Niat Puasa Tarwiyah dan Niat Puasa Arafah Sebelum Hari Raya Idul Adha

Ada dua puasa sunah yang sebaiknya dilaksanakan umat muslim, tepat dua hari sebelum Hari Raya Iduladha. Hari Raya Iduladha jatuh setiap tanggal 10 Dzulhijjah.

Kedua puasa sunah sebelum Hari Raya Iduladha adalah puasa Tarwiyah dan puasa Arafah. Selain keutamaan puasa Tarwiyah dan puasa Arafah, artikel ini turut berisi niat puasa Tarwiyah dan niat puasa Arafah. Puasa Tarwiyah dilaksanakan pada tanggal 8 Dzulhijjah.

Sedangkan, puasa Arafah dijalankan pada tanggal 9 Dzulhijjah. Sebelum itu, umat muslim sebaiknya mengetahui keutamaan puasa Tarwiyah dan puasa Arafah. Hari Raya Iduladha 1439 Hijriah ditetapkan berlangsung pada 22 Agustus 2018.

Penetapan tersebut merupakan hasil sidang isbat awal Dzulhijjah 1439 Hijriah yang telah digelar Kementerian Agama (Kemenag) di kantor Kemenag di Jakarta, Sabtu (11/8/2018).

Dilansir Kompas.com, Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag, Muhammadiyah Amin selaku pimpinan sidang, mengatakan, laporan dari 92 titik pengamatan hilal di seluruh Indonesia bahwa hilal masih di bawah ufuk atau minus satu derajat 43 menit.

Maka diputuskan, bulan Dzulkaidah 1439 Hijriah disempurnakan dengan cara istikmal atau digenapkan menjadi 30 hari.
Maka, Sabtu (11/8/2018) malam merupakan tanggal 30 Dzulkaidah.
"Dengan demikian, 1 Dzulhijjah 1439 H jatuh pada Senin, 13 Agustus dan 10 Dzulhijjah atau Hari Raya Iduladha jatuh pada hari Rabu, 22 Agustus 2018," kata dia.

Sekretaris Majelis Ulama Indonesia (MUI) Lampung, KH Basyaruddin Maisir mengungkapkan, bulan Dzulhijjah termasuk bulan yang dimuliakan Allah SWT.

Niat puasa Arafah sebagai berikut.

"Nawaitu shauma ghadin min yaumi arafata sunnatan lillahi ta'ala."

Artinya, "Sengaja saya berpuasa esok hari, yaitu puasa Arafah sunah karena Allah Taala."

Dua puasa sunah sebelum Hari Raya Iduladha tersebut, sangat dianjurkan dilakukan bagi kaum muslimin, yang tidak melaksanakan ibadah haji.




loading...

Berita Terkait

Post a Comment

0 Comments